Minggu, 14 November 2021, Pukul 09.00 telah dilaksanakan kegiatan Workshop Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) SMK Negeri 2 Negara yang bertempat di AULA SMK Negeri 2 Negara. Workshop ini dihadiri oleh 3 Narasumber, yaitu : 1) I Gede Ketut Seputera Aryadi, SE. (Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Bali), 2) I Ketut Sudarma, S.Sos (Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali), 3) I Made Sutarjana, S.Sos., MM. (Kepala Bidang Pembinaan Smk Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali).

#Narasumber 1

Narasumber pertama dibawakan oleh Bapak I Gede Ketut Seputera Aryadi, SE. Jabatan sebagai Kepala Bidang Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kepemudaan Dan Olahraga Provinsi Bali. Dimana beliau membawakan materi tentang Pemetaan dan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan. Dimana pokok bahasan yang disampaikan antara lain :

  1. Pemahaman Tugas Pokok Guru
  2. Tiga Pilar Organisasi yang harus dilaksanakan oleh ASN antara lain Disiplin, Hierarki dan Loyalitas
  3. Pemetaan Guru pada Tahun 2020 dimana Prov. Bali mengajukan 3.308 Formasi tetapi yang disetujui pusat sebanyak 2009 Formasi
  4. Anggaran untuk pelatihan Pendidik terbatas
  5. PNS Guru dapat pindah jika memenuhi beberapa persyaratan yang salah satunya adalah Min sudah mengabdi di tempat sebelumnya selama 10 Tahun

#Narasumber 2

Narasumber kedua dibawakan oleh Bapak I Ketut Sudarma, S.Sos., dimana beliau menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali. Bapak sekdis sendiri membawakan materi tentang Tata Kelola Anggaran Sesuai Permendagri 90 dan Penerapan SNP.

Beliau di awal workshop selalu menyampaikan tentang di Masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, kita harus dan wajib menerapkan protokol kesehatan, yang salah satu yang wajib kita laksanakan adalah selalu menggunakan Masker dimanapun kita berada.

Pada Tahun 2022 pemerintah provinsi bali akan mencanangkan pembentukan Kelas Hybrid. Kelas Hybrid adalah dimana proses belajar mengajar berbasis teknologi. Disamping itu beliau menyampaikan tentang peningkatan Mutu Pendidikan melalui pembelajaran berbasis teknologi, hak siswa harus terpenuhi, ajarkan siswa untuk menjadi enterpreneur.

#Narasumber 3

Narasumber yang ketiga adalah Bapak I Made Sutarjana, S.Sos., MM., dimana beliau menjabat sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bali. Pada kesempatan kali ini Bapak Kabid Pembinaan SMK menyampaikan antara lain :

  1. Arah Kebijakan Pusat, Karakter Lapangan Kerja
  2. Sosialisasi tentang Visi Provinsi Bali “Nangun Sat Kertih Loka Bali” Melalui pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru
  3. Pada masa pandemi dari bulan Maret 2020 sampai sekarang angka putus sekolah mencapai angka 375 siswa, dan tingkat literasi siswa menurun
  4. Rendahnya penyerapan tenaga kerja SMK di IDUKA
smknneg2-admin
Author: smknneg2-admin

Tinggalkan Balasan